Rabu, 14 Januari 2009

AYAM KODOK


AYAM KODOK

BAHAN:
800 gr ayam buras segar dan utuh ( kulit tidak robek)

BAHAN ISI:
200 gr daging sapi giling
200 gram ayam giling
2 hati ayam rebus dihaluskan
2 btr telur dikocok lepas
3 sdm bawang goreng
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
2 btr telur ayam direbus matang
2 kerat roti tawar, sobek-sobek, rendam dalam 100 ml susu

BAHAN OLESAN:
3 sdm mentega leleh
2 sdm kecap manis
2 sdt kecap inggris

CARA MEMBUAT:


1. Kerat tulang di bagian perut ayam dengan menggunakan pisau kecil dan tajam.

2. Lepaskan kulit yang menempel di tulang dada dengan cara mendorong sambil ditekan menggunakan jari telunjuk. Lakukan juga untuk tulang iga ayam hingga terlepas.

2. Kerat daging yang menempel di bokong ayam. Dorong sambil ditekan dengan jari telunjuk untuk melepaskan kulit yang menempel di sekitar bokong hingga punggung ayam.

2A. Kerat daging yang menempel di paha atas ayam. Patahkan persendiannya, lalu lepaskan tulang paha atasnya.

3. Kerat tulang belikat ayam lalu dorong sambil ditekan dengan jari telunjuk untuk melepaskan kulit ayam yang masih menempel di punggung ayam.

4. Lepaskan tulang dari dada ayam yang sudah kita kerat tadi.
    
5. Aduk bahan isi hingga rata. Masukkan ke dalam plastik segitiga. Semprotkan setengah bagian isi ke rongga dada ayam. Bantu dengan tangan hingga semua terisi. Sisipkan telur rebus lalu masukkan sisa isi.

6. Jahit dengan benang katun supaya isi tidak keluar.
6A. Ikat kaki dan sayap ayam dengan benang katun agar tidak lepas waktu di kukus. Tusuk-tusuk permukaan ayam dengan jarum jahit agar tidak meletus waktu di kukus. Kukus ayam selama 1 jam. Angkat, oles dengan campuran olesan lalu oven selama 1 jam dengan suhu 170 derajat celsius sambil sesekali dioles bahan olesan.
7. Sajikan ayam kodok dengan saus.
8. Buat saus cokelat: panaskan margarin, tumis bawang bombai sampai harum. Masukkan tepung terigu, aduk sampai menggumpal, tuang kaldu dan susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Tambahkan kecap manis, kecap inggris, garam, lada, dan pala, aduk rata. Masak sampai meletup-letup, angkat.
9. Buat saus putih: panaskan margarin, tumis bawang bombai sampai harum. Masukkan tepung terigu, aduk sampai menggumpal, tuang susu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk rata. Tuang krim kental, aduk rata, bubuhi garam, lada dan pala, aduk-aduk sampai meletup-letup.

Untuk 8 Orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar