Selasa, 03 Februari 2009

Baby Walker - Kontra

Ada yang mengatakan bahwa penggunaan baby walker, selain tidak membantu anak menjadi lebih cepat berjalan, juga akan membahayakan buat si bayi itu sendiri. karena dengan menggunakan baby walker, bayinya bisa meluncur dengan cepat...sehingga kalau ada tangga, bisa jatuh dan berakibat fatal...hal ini sering terjadi di negara lain.

Selain itu si anak juga bisa menggunakan baby walkernya untuk meraih benda2 yg sebelumnya tidak terjangkau. Nah kalau diatas meja ada benda tajam atau panas kan berbahaya.

Karena lebih banyak potensi bahayanya daripada manfaatnya, penggunaan baby walker tidak dianjurkan. Malahan kalau tidak salah dibeberapa negara sudah tidak memperbolehkan penjualan baby walker.

Tapi menurut saya pribadi, itu tergantung dari kondisi rumah dan pemikiran/pendapat pribadi dari masing2 orang tua.  Saya sendiri menggunakan baby walker saat Kevin berusia 5bln.  Memang sepertinya baby walker tidak membantu Kevin menjadi lebih cepat berjalan, karena pada akhirnya dia baru bisa benar2 berjalan dengan baik pada usia 13bln.  Saya menggunakan baby walker itu sebagai kegiatan Kevin, karena disitu dia bisa mengekplorasi seisi rumah (mis : jalan2 ke dapur, ke teras rumah, dll sambil main di activity tablenya), tentunya dibawah pengawasan ketat (tidak dibiarkan dia jalan2 sendiri tanpa dilihat pengasuhnya), dan kami berusaha menghindarkan barang2 berbahaya dari jangkauannya.

Saya tidak mengatakan bahwa penggunaan baby walker itu baik atau tidak baik, karena semua kembali lagi pada pemikiran dan pendapat tiap2 orang.  Kalau menurut orang tua rumah mereka cukup aman bagi anaknya, mis tidak ada tangga, meja cukup tinggi sehingga si anak tidak bisa mengambil barang di atas meja, tidak adanya bathtub/genangan air di dalam kolam/baskom yang bisa menyebabkan anak tenggelam, dll, mungkin penggunaan baby walker masih bisa dipertimbangkan..

Nah, untuk informasi lengkapnya, silahkan baca artikel dibawah

http://www.aap.org/publiced/BR_Walkers.htm

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar