Kamis, 26 Februari 2009

Bakpao Ulang Tahun


Bakpao Ulang Tahun

Bahan-bahan
Kulit bahan A:
250 gram tepung terigu
1 sendok makan ragi instan
150 cc air

Kulit bahan B:
150 gram tepung terigu
3 sendok makan air
60 gram gula halus
1 sendok teh baking powder
60 gram mentega/margarin putih

Isi:
250 gram kacang merah
150 gram gula pasir
150 cc minyak

Cara membuat
Isi:

rendam kacang merah dalam air selama 2 jam, lalu masak kacang merah sampai matang dan lunak, tiriskan, haluskan dengan blender.
Panaskan beberapa sendok makan minyak, lalu masukkan kacang merah yang telah dihaluskan, aduk rata.
Masukkan gula dan minyak secara bergantian sedikit-sedikit sambil diaduk, masak sampai kering, angkat, lalu bagi menjadi 20 bagian, bentuk menjadi bulatan-bulatan, sisihkan.

Kulit:
campur semua bahan A, remas-remas dengan tangan selama 10 menit sampai adonan kalis (tidak lengket di tangan), lalu tutup adonan dengan kain lap basah, diamkan selama 30 menit sampai adonan mengembang.
Masukkan bahan B ke dalam adonan A, remas-remas kembali sampai tidak lengket di tangan selama 5 menit, lalu gulung menjadi bulat panjang, bagi menjadi 20 bagian.

Ambil 1 bagian adonan kulit, tipiskan bulat pipih, letakkan 1 bagian adonan isi di bagian tengahnya, lalu tutup bagian yang terbuka ke sisi belakang, bentuk bulat lonjong menyerupai buah pear.
Tekan tengahnya dengan pemotong adonan roti hingga bercelah, lalu beri warna dengan menyipratkan sedikit pewarna kue berwarna merah menggunakan sikat.
Panaskan air dalam kukusan hingga mendidih, lalu masukkan bakpao ke dalamnya, kukus sekitar 15 menit sampai matang, angkat.

Ukuran porsi: 20 potong

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar